[TUTORIAL] Gradient + Bonus PSD

tutor_fx_by_cutepixie

Halo… aku bawa tutorial baru.. *enggak nanya tuh* =P

Kali ini dengan bonus file PSD, supaya chingudeul bisa lebih paham kalau-kalau tutorial tertulis saya ngaco XD *enggak ada bakat ngejelasin soalnya*

Oh ya, terimakasih buat yang udah merekues di page tutorial sebelumnya ^^ karena lumayan banyak yang nanyain gimana sih cara bikin background dua warna, dsb jadi dibuatlah tutor ini. mudah-mudahan kalau ada enggak ada kerjaan (alias gak sibuk) tutorialnya bakal diperbanyak lagi.. udah jarang banget ol soalnya *curcol terus* X)

program yang dipakai : photoshop cs 5 (sebenernya ps cs manapun gak masalah.. krn sebenernya sama aja sih)

bahan *oke bahasanya enggak mutu* : foto HQ (high quality) alias yang pixelnya diatas 500px. Kenapa aku saranin foto HQ? soalnya kalau gambarnya kecil, fotonya jadi enggak bisa disharpen (ditajemin) –> hasilnya jelek. tips nyari gambar HQ : aku biasanya cari gambar k-pop yang HQ itu di sini  dan kalau misalnya nyarinya di gugel, tinggal klik “search tool” di tab atas gugel, pilih “size” —> “large”.

step 1 :

Pertama-tama, buka foto yang sudah di cut (alias backgroundnya dipotong), contohnya kayak gini :

examp

save foto diatas, soalnya bakal dipakai sebagai contoh tutor ini =)

kalau sudah, buat layer baru (klik tab layer –> new fill layer –> solid color) sebagai backgroundnya. Sebagai contoh, warna yang kupakai warna kuning pastel (#fcfbc6). geser (?) layer background tersebut dibawah foto.

Step 2 :

Set foreground color menjadi warna biru (#c2f3d7), contohnya : 2

Setelah itu buat layer baru lagi (layer –> new fill layer –> gradient) :

3

6

bikin seperti setingan diatas. klik ok. Geser layer gradient ini tepat diatas background kuning tadi (dan tepat dibawah foto fx).

Step 3 :

Tambahkan sesuai kreasi kamu. disini aku cuman tambahin shadow + edit warna dengan psd . kalau sudah, hasilnya kurang lebih seperti ini :

4

Step 4 :

Langkah terakhir, bikin gradient baru (layer –> new fill layer –> gradient), tapi terlebih dulu set foreground colornya hitam + putih ya.. caranya seperti step 2.

trus setting seperti ini :

7

kalau sudah, klik ok. Kemudian pastikan layernya tepat dibelakang foto fx (kalau saya tepat di belakang layer “shadow”) kemudian set layernya menjadi softlight, opacity dirubah menjadi 40%, seperti ini :

8

Nah, selesai.. contoh hasilnya seperti gambar diatas ^^Dan kalau masih kurang paham .. jangan salahkan yang buat <— ditimpuk XD. lol jk jk. ini ada file PSD bagi yang masih enggak ngeh sama penjelasanku diatas. bisa di download disini ya 😀

NB : dilarang meng-copy/meniru isi tutorial ini dengan memposting di blog pribadi/umum. kalau mau meng-copas tolong sertakan sourcenya : cutepixie@pinkhive.wordpress.com^^ tq

10 responses to “[TUTORIAL] Gradient + Bonus PSD

  1. Pingback: [Tutorial] Gradient + Bonus PSD | K-Pop Graphics·

Leave a comment